12 Desember 2008

Memilih Bisnis internet yang tepat

Dari sekian banyak jenis bisnis di internet, secara umum dapat dibagi menjadi empat kategori sesuai dengan sifat aktifitasnya. Menurut para pebisnis internet yang sudah malang melintang di kancah bisnis ini, tidak semua jenis bisnis cocok dengan seseorang. Artinya, pelajaran yang bisa diambil dari banyak pemula yang gagal dari satu jenis bisnis internet, umumnya karena orangnya tidak enjoy menjalankannya.
Oleh karena itu bila Anda ingin menjalankan bisnis internet, pilihlah jenis bisnis yang terbaik bagi anda. Terbaik, artinya cocok dijalankan oleh Anda, bukan yang menjanjikan cepat kaya tapi tidak bisa anda tekuni karena tidak menyenangkan atau tidak anda kuasai sama sekali.


Dengan membuat satu pilihan jenis bisnis internet, bagi pemula yang baru memperlajari seluk beluk bisnis ini akan lebih paham bila langsung mempraktekkannya. Berikut ini empat kategori bisnis internet yang perlu Anda ketahui.

Menjual produk
Anda bisa menjual produk di internet, apakah itu produk milik orang lain ataukah milik anda sendiri. Bila Anda senang membuat sesuatu sendiri, maka cobalah fokus membuat suatu produk anda sendiri dan menjualnya. Tentu saja anda harus memiliki keahlian membuat produknya. Tapi bila Anda belum punya kemampuan membuat produk sendiri, juallah produk milik orang lain. Produk milik orang lain bisa anda dapatkan dari pemilik website yang menawarkan program reseller atau Affiliate Marketing.

Menjual Jasa
Menjual keahliaan yang berkaitan dengan internet. Jenis bisnis ini memerlukan skill (kepakaran) dalam bidang tertentu yang bisa dijual online. Misalnya, bila Anda memilki keahlian design grafis, membuat website, membuat logo, penerjemah artikel atau menulis content / artikel. Yang lain lagi adalah menawarkan jasa melakukan optimasi mesin pencari atau SEO, menerbitkan iklan PPC, membuat program komputer, kursus intenet marketing online, sampai menjadi assiten pribadi maya ( virtual personal assistant ).

Penerbit ( Publisher )
Yang dimaksud dengan penerbit iklan adalah Anda sebagai pemilik website atau blog. Anda menerima iklan dari pemilik produk dan memasang di website Anda. Iklan itu bisa berasal langsung dari pemilik produk yang beriklan ( Advertiser) atau dari pengelola jasa iklan PPC ( Pay Per Click ).
Jenis iklan atau produk yang dimuat di website/blog Anda tentu saja disesuaikan dengan konteks website/blog anda.
Artinya bila website/ blog yang Anda buat berbicara tentang olah raga, maka iklan yang seharusnya ditampilkan berkaitan dengan konteks olahraga, bukan iklan tentang cara masak memasak.

Jual Beli website atau domain.
Bila Anda tertarik dengan bisnis ini anda bisa mencari di search engine dan akan anda temukan website yang khusus menawarkan jual beli website atau domain. Website / domain apa yang dijual ? tentu saja yang sudah memiliki ranking tinggi di mesin pencari. Penjualnya mungkin saja ingin mendapatkan keuntungan atau tambahan dana pribadi, dan pembelinya adalah orang yang ingin menggunakan website/ domain itu untuk meningkatkan usahanya atau bisa saja untuk dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi.

Selain keempat kategori diatas, masih ada lagi kegiatan menghasilkan uang dari internet namun tidak bisa dikategorikan sebagai jenis bisnis internet, Karena tidak ada unsur usaha yang kontinyu. Misalnya ada pengelola situs yang menawarkan untuk melakukan klik iklan yang muncul di email anda. Anda dibayar per satuan cent dollar bila anda melakukan klik iklan. Tapi sebaiknya Anda berhati-hati dengan tawaran seperti ini, karena banyak yang SCAM (penipuan).

Semua jenis bisnis internet menjanjikan penghasilan pada Anda. Namun Anda harus memilih yang terbaik sesuai minat anda sendiri. Pilihlah jenis yang anda cepat kuasai dulu. Anda bisa cepat belajar bila jenis bisnis ini menjadi minat anda.

Tidak ada komentar: