01 Mei 2009

Mendatangkan Traffic ke Blog Anda (bag.2)

Anda sudah membuat Blog? Bila Anda sudah membuat Blog, mulailah dengan memuat postingan.
Selanjutnya yang perlu anda pikirkan adalah bagaimana tulisan anda dibaca orang.Pertanyaannya adalah bagaimana caranya pembaca bisa menemukan tulisan anda dan membacanya. Berikutini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk memperbesar jumlah pengunjung Blog Anda.

1. Hal pertama adalah pastikan postingan yang Anda tulis itu adalah konten yang menarik dan berkualitas. Anda harus bisa menarik perhatian pembaca pertama terlebih dahulu agar Blog anda dikunjungi lagi. Muatlah postingan secara berkala dan kontinyu sehingga blog anda tetap berisi konten terbaru. Gunakanlah selalu kata kunci yang anda targetkan dalam setiap postingan anda agar Blog anda tetap dilirik oleh search engine. Tulisan segar akan selalu diambil oleh search engine dari Blog anda yang sudah terindeks dan memunculkannya di halaman hasil pencarian kata kunci target anda.
2. Selalu berpartisipasi dalam kumpulan Bloger yang memiliki topik yang sama dengan topik Blog Anda. Berkomunikasilah dalam forum, ajukan pertanyaan untuk ditanggapi dan jangan segan minta pendapat orang lain mengenai Blog anda.

3. Gunakan RSS atau Atom Feed di blog anda. Bila anda menggunakan Blogger, menempatkan RSS sangatlah mudah dilakukan.

4. Perhatikan penggunaan judul dalam setiap postingan anda. Pertimbangkan dengan matang apakah judul itu bisa menarik pengunjung untuk membuka dan membaca postingan anda. Anda bisa mencari referensi dari sejumlah direktori yang memuat artikel gratis untuk mendapatkan topik yang sedang hangat dibicarakan sesuai yang anda inginkan.

5. Secara kontinyu berkomentar di Blog lain yang topiknya sama dengan Blog anda dan tinggalkan link yang dapat di klik oleh pengunjung lain sehingga mereka dapat menemukan Blog anda.

6. Bila anda sudah memiliki pengunjung yang mendaftar dalam milis anda, tempatkanlah link signature (catatan kaki yang berisi alamat blog anda) di setiap email yang anda kirimkan kepada mereka. Contohnya : - Dapatkan ebook gratis disini (selipkan link anda)
- Ingin tahu rahasia meraup dollar? klik disini (selipkan link )

7. Daftarkan Blog anda di Blog Direktori. Tidak masalah bila Blog anda berbahasa Indonesia, karena banyak Blog direktori yang menerima pendaftar Blog berbahasa apa saja ( International)

8. Tulislah artikel menarik dan daftarkan di direktori artikel, karena tulisan anda itu akan lebih mudah ditemukan oleh pencari artikel. Sebagian besar direktori artikel mengijinkan anda mencantumkn link dan nama anda di akhir tulisan sehingga pembaca artikel anda akan mudah menemukan Blog anda.

9. Gunakan layanan "ping Blog" yang dapat memberikan informasi ke setiap mesin pencari mengenai postingan baru (update) dalam Blog anda. Ini adalah layanan gratis yang bisa membantu anda untuk memberitahukan postingan baru ke pembaca lama atau pengunjung baru ke Blog anda.

10. Buatkan "Blog roll" atau daftar link favorit di halaman blog anda. Blog roll akan membantu pembaca anda menemukan blog favorite anda itu dengan mengklik link yang anda tempatkan di Blog anda itu. Hal ini akan membuka kesempatan Blog anda dkunjungi lagi karena telah mereferensikan Blog dengan topik yang sama dengan anda.
Hat-hati dengan Blog yang tidak sama topiknya, jangan ditempatkan sebagai Blog roll karena akan membingungkan pembaca anda.

Dari semua cara tersebut diatas, yang paling penting dipahami adalah Anda tidak perlu melakukannya secara serentak dan tergesa-gesa. Lakukanlah satu persatu dan secara kontinyu.
Perlu diingat bahwa untuk mendapatkan pembaca yang setia berkunjung ke Blog Anda tidak bisa terjadi dalam waktu yang singkat. Luangkanlah waktu anda untuk melakukan Blogwalking
(berkunjung ke Blog lain), dan berikan komentar-komentar sehingga anda bisa dikenal dan mulai mendatangkan traffic ke Blog anda. Buatlah ini sebagai kegiatan yang menyenangkan dan biarkan Blog anda berkembang sendiri secara alami oleh pengunjung setia anda.

Blog bisa menjadi sarana untuk membangun jalinan persahabatan dalam hubungan sosial dan juga sarana internet marketing bila anda menginginkannya. Anda bisa membangun kredibilitas anda dan menawarkan produk kepada pembaca setia anda.





14 komentar:

Budhi K. Wardhana mengatakan...

Nice Posting. saya akan aplikasikan di blog saya.

salam kenal
Budhi K. Wardhana
http://UntungNyata.com

koernia mengatakan...

Makasih ya om buat postingnya, jadi tambah pengalaman buat belajar deh

Salam SUKSES

rip mengatakan...

terima kasih atas informasinya

Anonim mengatakan...

bagus nih artikelnya. makasih

andry sianipar mengatakan...

salam super-
salam hangat dari pulau Bali-
wah ilmu baru lagi neeh...
jadi tambah semangat...

Anonim mengatakan...

Paranormal terkenal dari surabaya kunjungi jengtini.blogspot.com dan gusmargo.blogspot.com

ali mengatakan...

kalo banyak yang isi komentar berarti banyak trafikna

foredi gel mengatakan...

Promosi memang perlu sekali dalam mendapatkan traffic atau pengunjung ke website kita.

cara mengobati ejakulasi dini mengatakan...

Terima kasih untuk tipsnya, saya mau coba semoga juga.

foredi gel balikpapan mengatakan...

Terima kasih untuk tipsnya, saya mau coba semoga juga.

cara cepat hamil mengatakan...

Tips dan Tulisan postingannya bermanfaat, saya dalam ide baru dari postingan ini. Terima kasih banyak

Belajar bisnis internet mengatakan...

Salam

infonya luar biasa, topik seo ini sangat luas sekali...

salam kenal.

Anonim mengatakan...

Food Tv Dvr Recorders

My web blog; firsthand

daren malakian mengatakan...

terima kasih pembasannya sangat menarik, terimakasih
jasa digital agency |
jasa pembuatan android| cara daftar payoneer