01 November 2008

Ingin dapat uang di Internet ?

Di Internet Anda bisa memperoleh banyak informasi yang bernilai jual. Apa maksudnya ?
Begini. Content Situs Web yang ditayangkan oleh mesin pencari akan tampil sesuai dengan kata kunci yang Anda masukkan. Misalkan anda ingin mencari sesuatu tentang rumah dengan mengetikkan kata kunci “Rumah” di Google. maka Google akan menampilkan seluruh content yang berkaitan dengan situs yang menyediakan informasi tentang “ rumah “.

Anda tinggal memilih dari sekian banyak pilihan website, Blog, group millis ataupun iklan yang ditampilkan di halaman depan sampai ke halaman terakhir hasil pencarian.
Atau anda bisa lebih spesifik lagi dengan mengetikkan kata kunci “Rumah Mungil”, dan biarkan Google mencari semua content yang berkaitan langsung dengan Rumah mungil. Pilih dan klik pada content halaman website mana yang ditampilkan dan anda akan di bawa ke salah satu website tentang “RumahMungil”.

Apakah informasi tentang “Rumah Mungil” itu bisa bernilai jual ?

Ya. Bisa saja. Coba anda telusuri satu persatu isi dari masing-masing content website itu maka akan anda dapatkan berbagai alasan sang pemilik situs menampilkan informasi tentang rumah. Misalnya saja yang ditampilkan tentang “bagaimana membangun Rumah Mungil tapi asri”, “ Bagaimana Menata Ruangan Dalam rumah Mungil”, “ Bagaimana mendesain taman kecil di Rumah Mungil” dsb….

Semua artikel ataupun yang ditulis secara spesifik itu merupakan informasi penting bagi Anda.
Kumpulkanlah satu persatu artikel-artikel yang berkaitan satu sama lain dan relevan dengan topiknya dan simpan di komputer anda. Anda bisa mencarinya juga lebih dalam ke link-link nya ( rujukan ke situs lain yang menyediakan artikel yang sama ) apabila disediakan oleh situs itu dan disimpan lagi ke file komputer anda.
Informasi itu tidak terbatas pada tulisannya saja. Gambar, foto, denah, petunjuk, dan lain-lainnya sebaiknya anda ambil juga dan simpan bersama file teksnya.

Selanjutnya apa yang bisa dijual dari itu ?

Setelah anda cukup mengumpulkan artikelnya, buatlah suatu ringkasan atau risalah singkat mengenai topik yang telah anda ambil itu dengan mencantumkan sumbernya. Jadikan itu suatu tulisan anda sendiri tentang topik yang lebih spesifik dengan rujukan dari beberapa sumber.
Topik yang spesifik, artinya bila anda memiliki informasi atau artikel yang sudah cukup tentang “Rumah Mungil” maka kembangkan lagi dengan mencari jawaban jawaban seperti ini :
“ Dimana bisa mendapatkan furniture berkualitas untuk Rumah Mungil?”,
atau “ Kepada siapa saya bisa berkonsultasi gratis membangun rumah mungil ?”.
Tentu saja Anda harus coba membuat kata-kata kunci lagi untuk menelusuri content yang berkaitan dengan itu.
Kemudian tulis lagi artikel yang isinya menyambung artikel pertama. Atau Digabung saja isinya menjadi satu artikel.

Wah, itu belum bisa dijual, sebenarnya apa yang dijual ?

Nah, setelah anda cukup yakin dengan tulisan yang anda buat (tentu dengan mencantumkan sumbernya). Ada dua cara untuk menjadikannya bernilai jual.

Yang pertama, Anda Saat ini saya anggap sudah memiliki Blog yang baru dalam bahasa Indonesia yang isinya belum anda tentukan. Anda harus melewati lagi tahap berikut yaitu ” Terjemahkanlah tulisan Anda itu ke dalam bahasa Inggris “.
Kesulitan ? Tidak sulit. Bila Anda tidak bisa berbahasa Inggris ( sama dgn saya dong…), Anda bisa minta tolong teman atau menyewa jasa penterjemah ( jangan khawatir… modalnya akan kembali koq ).

Kemudian postingkan ke halaman khusus dalam Blog Anda. Buatkan label tersendiri untuk Arsip artikel bahasa inggris.
Kumpulkan setiap hasil pencarian content lain yang berkaitan erat dengan “topik Rumah” atau “Rumah Mungil” tadi dan postingkan lagi ke Blog Anda dalam bahasa Indonesia.
Jadi, dalam Blog Anda sekurang-kurangnya ada 3 artikel utama dalam bahasa Inggris ( lebih banyak lebih baik), dan sisanya bisa yang bahasa Indonesia. Ingat, isi kontennya harus berkaitan dengan topik diatas tadi.

Yang kedua, Anda bisa memilih membuat Blog baru (dalam account yang sama) dengan judul Blog berbahasa Inggris.
Saya ingatkan lagi judul Blog dan isi konten harus relevan. Dalam contoh diatas adalah “ Rumah “ atau “ Rumah Mungil”.
Postingkan semua artikel satu persatu (dalam waktu beberapa hari) artikel-artikel berbahasa Inggris itu ke dalam Blog berbahasa inggris yang baru anda buat itu. Dan sekarang Anda punya dua Blog berlainan bahasa ; dengan topik yang berkaitan ( bukan mirip).

Selanjutnya Kedua Blog anda tersebut harus anda hubungkan ( link) satu dengan yang lainnya dengan membuat kaitan dalam setiap postingan artikel anda tadi. Selain itu, Anda perlu membuat link-link lain dalam artikel anda yang mengarah pada situs sumber artikel yang anda kumpulkan contentnya tadi.

Nah, kalau itu semua sudah dibuat maka siaplah anda dengan informasi yang bernilai jual.

Apa ada yang mau beli ?


Sabar dulu Mas... itu baru tahap awal.
Untuk bisa menghasilkan uang, Anda harus mendaftarkan kedua blog anda tadi ke Google Adsense (Gratis). Apabila diterima oleh Google maka Anda akan diberitahukan melalui Email Anda dan anda diijinkan untuk memasang iklan yang isinya berkaitan dengan content dalam blog anda. Iklan itu disediakan oleh Google dan Anda Akan dibayar bila ada pengunjung Blog Anda yang mengklik iklan tersebut.

Itulah yang menjadikan informasi tadi menjadi "bisa dijual" bukan ?

Bagaimana cara mendaftar Ke Google Adsense ? bisa anda lihat di sini
Bagaimana Mengundang pengunjung ke blog saya ? bisa anda lihat di sini

Tidak ada komentar: