23 November 2008

Menulis E-book

Menulis adalah kegiatan yang menyenangkan. Namun kadangkala saat pertama kita mulai menulis sebuah ebook, bagian yang paling sulit adalah menuliskan kalimat pertama.
Sekalipun Anda sudah memilik ide tulisan namun memulai kalimat pertama itu seperti pekerjaan yang sulit dan mustahil. Mengapa demikian ? Karena Anda belum memiliki cara yang benar untuk memulainya.
Coba anda istirahat sebentar dan tenangkan pikiran. Anggaplah tulisan yang anda buat nanti seperti kegiatan anda menaiki puncak gunung. Anda berada dibawah kaki gunung dan tugas anda mendaki sampai ke puncak, bukan ? Jika demikian maka hanya ada satu cara untuk mendakinya yaitu mulai dengan langkah demi langkah. Ya, dengan langkah demi langkah anda bisa sampai ke puncak. Anda tidak mungkin mendakinya dengan sekaligus.



Sekarang cobalah hal itu dengan tulisan ebook anda. Dalam menulis sebuah ebook anda juga harus muliai dengan langkah demi langkah. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah adalah membuat kerangka tulisan yang saling berhubungan. Tidak perlu seluruhnya harus diselesaikan dalam sehari, sediakan waktu untuk merangkai ide tulisan anda.

Berikut adalah langkah-langkah awal untuk Menulis sebuah ebook:

Tentukan Judul .
Judul ebook sebaiknya dipilih lebih dari satu sebagai alternatif untuk dipilih. Judul tersebut tentu saja harus berkaitan dengan ide tulisan yang akan anda tuangkan dalam isi tulisan anda. judul sangat membantu anda untuk fokus pada topik. Perbedaan antara Judul dan Topik seringkali bisa membingungkan. Judul buku adalah apa yang akan anda tulis sebagai " Nama atau Identitas buku anda', sedangkan topik mmenyangkut " Apa isi dari Buku " yang anda tulis. Dengan membuat fokus pada topik maka keseluruhan tulisan akan mendukung judul buku anda.

Fokus pada hal "Menjawab"
Dalam membuat tulisan anda harus menyediakan daftar pertanyaan mengenai isi buku itu. Pertanyaan itu harus bisa terjawab dalam isi buku yang anda tulis, sehingga dalam setiap kalimat tulisan anda terarah pada hal yang " menjawab dan menyelesaikan masalah" bagi pembaca buku anda.
Setiap Bab dalam buku akan bisa terkait apabila anda bisa mengembangkan "jawaban" atas pertanyaan yang di bab sebelumnya. Bila anda bisa melakukan ini maka akan anda lihat bahwa buku anda menjadi " Tumbuh " bab demi bab layaknya anda mendaki gunung.

Gunakan Kalimat sederhana yang umum
Hindari kalimat panjang dan berbelit-belit. Tidak perlu menggunakan bahasa ilmiah atau terjemahan bahasa asing yang terasa berat untuk dimengerti orang pada umumnya. Contohnya, kata ; simple, proposional ,konstruksi, manajemen ; sebaiknya diganti dengan : ringkas, berimbang, membangun, menata, dsb.
Dengan demikian pembaca tidak akan merasa berat menerjemahkannya untuk dimengerti.

Pertajam ide dalam isi buku.
Ide yang mendasari topik agar dipertajam dalam isi buku. Artinya, pembicaraan anda dalam isi buku jangan diperlebar. Fungsi daftar pertanyaan yang anda buat diatas adalah untuk "menggiring" pembahasan topik dan menjadi terarah hanya pada topik yang dibahas. Pembaca buku Anda tidak ingin mencari semua masalah dan ingin mengetahui jawabannya. Hanya ada satu jawaban yang ingin segera mereka dapatkan atas masalah yang mereka alami. Untuk itulah mereka tertarik dengan judul yang anda buat dan membeli ebook Anda.

Akhiri dengan "Kesimpulan terbuka".
Sebaiknya akhir tulisan anda berisi jawaban tepat yang disimpulkan dalam "Kesimpulan terbuka". Maksudnya adalah seluruh isi tulisan yang anda buat sebaiknya diakhiri dengan merangkumnya dalam Kesimpulan yang bukan timbul dari anda sendiri. Biarkan pembaca memahami dari awal hingga akhir tulisan, kemudian tawarkan kesimpulan yang terbuka untuk dijawab oleh pembaca. Apabila tulisan anda tepat mengena sasaran dan fokus terhadap inti pembahasan maka pembaca pasti tidak akan kesulitan membuat kesimpulan sendiri. Karena apa ? karena tulisan anda bukan tesis atau disertasi ilmiah.

Saat ini menulis ebook sebagai peluang bisnis di internet bukan lagi hal baru di Indonesia. Jumlah penduduk Indonesia yang mengakses internet dan mencari sumber informasi mulai tumbuh dengan semakin membaiknya mutu sambungan internet. Menjual informasi melalui ebook adalah peluang bisnis yang bisa menciptakan mesin uang bagi Anda.

Tidak ada komentar: