11 November 2008

Menjalankan Bisnis itu “ Mudah “

Jika saat ini Anda sudah punya ide bisnis tapi rasanya belum bisa Anda jalankan, mungkin Anda harus meluangkan waktu untuk mencari tahu apa masalahnya. Pemula bisnis seringkali menemukan kesulitan memulai bisnis, karena belum mendalami proses bisnis itu sendiri. Timbul pertanyaan dalam pikiran Anda ;“ darimana saya mulai“, “apakah ide bisnis ini bisa saya jalankan” atau “bagaimana bisa, saya bersaing dengan pebisnis lain yang melakukan hal yang sama “.

Pertanyaan Anda itu wajar, karena sebagai pemula Anda belum pernah mendapatkan informasi yang cukup. Dan itu hanya akan membuat Anda terpaku pada mencari-cari sejumlah teori sebelum anda mulai berbisnis, yang justru membuat Anda ragu untuk langsung praktek.

Memang proses bisnis yang Anda lihat sehari-hari adalah kegiatan yang tampaknya harus melalui serangkaian tahap yang rumit. Tapi konsep intinya, proses yang terjadi dalam bisnis itu sebenarnya sederhana saja, yaitu dimana ada kebutuhan (permintaan) maka disitu akan ada peluang pemenuhan kebutuhan (pasokan ). Istilah ekonominya Supply and Demand.

Jika ada permintaan sesuatu dan Anda bisa menyediakannya, itu berarti Anda sudah menjalankan proses bisnis.

Tugas Anda sebagai orang yang melakukan atau menyediakan pemenuhanKebutuhan( pasokan) adalah ; bagaimana caranya memberikan added value atau nilai tambah dalam rangkaian proses itu, sehingga dapat menciptakan keuntungan bagi orang yang membutuhkan.
Nilai tambah itu adalah upaya anda memberikan sesuatu yang berbeda dari penyedia (pemasok) lain, sehingga konsumen Anda merasa lebih untung menerima dari Anda dibanding pemasok lain.

Dalam prakteknya, nilai tambah yang bisa Anda lakukan misalnya meningkatkan “daya saing “ dengan menjamin :
• kecepatan pengadaan atau pengiriman produk
• menyediakan produk bermutu dengan cost yang lebih rendah
• Pemberian bonus

Berangkat dari pengertian itu Anda pasti bisa mendapat pandangan yang lebih fokus , dimana akan mulai meletakkan titik awal bergeraknya bisnis Anda.
Seorang pebisnis pemula akan lebih memilih jenis bisnis yang tidak terlalu berresiko tapi memenuhi syarat keuntungan yang memadai. Apalagi modal yang tersedia untuk mulai berbisnis tidak besar.

Cara mulai berbisnis yang terbaik untuk pemula adalah melalui internet. Di Internet Anda tidak perlu repot menyediakan tempat seperti "toko" atau "gudang" seperti di bisnis konvensional. Proses bisnis bisa terjadi jauh lebih cepat, dan tanpa harus bertemu muka anatara penjual dan pembelinya. Produk yang dijual bisa apa saja. Barang dagangan secara fisik ataupun elektrik yang tak kelihatan fisiknya, misalnya e book, software, ataupun berupa jasa yang bisa diperjualbelikan dengan mudah.

Anda bisa memilih bisnis konvensional ataukah bisnis online melalui internet. Di Indonesia belum banyak yang menggeluti bisnis online ( melalui Internet) , padahal di negara-negara maju bisnis iternet sudah menjadi hal biasa karena sebagian besar penduduknya lebih merasa aman berbelanja melalui internet.

Saat ini pengguna Internet di Indonesia hampir mencapai 20 juta orang, dan terus bertambah dan Indonesia menempati urutan ke 14 pengguna Internet dunia, atau urutan pertama di Asia tenggara. Hal ini menjadi berita baik bagi pebisnis internet. Dengan semakin baiknya kualitas akses Internet di Indonesia, maka akan semakin banyak kota dan daerah terjangkau Internet. Itu artinya peluang bisnis melalui Internet akan lebih terbuka.

Contoh yang sangat populer di Indonesia adalah seorang pebisnis internet yang mampu menciptakan produk dan mendapatkan penghasilan ratusan juta rupiah dalam waktu relatif singkat adalah Joko Susilo. Anda bisa lihat profil Joko Susilo disini.

2 komentar:

Arief Maulana mengatakan...

wel Nice artikel and Blog Patrice.
Oh ya, coba dihilangin verifikasi untuk komentar. Biarpengunjung lebih nyaman.

Salam Sukses
www.AriefMaulana.com

Patrice mengatakan...

Thanks, Mas Arief atas komentarnya. Perbaikan akan saya lakukan. Maklum masih newbi..